Myjayvyn.com

Web berbayar ato gratisan?

0  |  286 Views

Domain dan Hosting Berbayar versus Gratisan.

Hmmm.. Tentunya salah satu kelebihan mencolok dari domain dan hosting yang gratisan adalah karena kita tidak usah mengeluarkan biaya sedikitpun untuk hal tersebut kecuali membayar akses internet yang kita pakai.

Sebetulnya terserah Anda mau memakai yang bayar atau gratisan, itu tergantung dari tujuan anda membuat website. Dan tidak ada masalah menggunakan Domain/Hosting gratisan, tapi bisa menjadi masalah jika tujuan Anda adalah untuk berbisnis. Coba bayangkan saja jika Anda akan membeli sesuatu di sebuah website, ketika website yang dikunjungi berdomain gratisan.. Saya kira Anda akan berpikir berkali kali untuk melakukan bisnis dengan orang yang tidak berani mengeluarkan modal sedikitnya 100 ribu untuk membeli Top Level Domain seperti .com, .net atau lainnya. Saya bisa tebak reaksi Anda, adalah perasaan ketidakpercayaan yang muncul atau takut ditipu.

Lalu ditambah lagi dengan lambatnya membuka halaman demi halaman web, malah sering tidak bisa terbuka sama sekali. Ini hal yang wajar bagi domain/hosting gratisan karena mereka biasanya tidak memiliki uptime 99% dan akhirnya Anda akan kehilangan banyak pengunjung. Kalo sudah begini apakah ada yang mendengar komplain Anda? Saya kira tidak, karena rata rata domain/hosting gratisan tidak melayani Live Support. Berbeda dengan hosting berbayar, mereka pasti menyiapkan Live Support untuk membantu masalah Anda, walaupun kualitas support tergantung dari hostingnya masing2.

Jika Anda seorang web programmer ataupun seorang pemula, Anda akan senang untuk mengutak atik script web agar menjadikan website Anda sesuai keinginan atau membuatnya lebih indah. Karena hosting berbayar menyediakan banyak fitur fitur yang Anda perlukan dibanding dengan yang
gratisan.

Satu lagi yang mendukung Anda berbisnis adalah alamat email. Coba perhatikan, jika Anda menerima kartu nama dan tertera disitu alamat emailnya berdomain gratisan. Bagaimana reaksi Anda? Belum lagi jika Anda bertransaksi menggunakan paypal, moneybookers atau sejenisnya di internet, biasanya perusahaan semacam paypal, monebookers akan meminta alamat email yang berbayar. Ini penting karena faktor keamamanan.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah Anda bisa melakukan backup isi website Anda secara berkala. Ketika Anda sudah mengisi website Anda dengan ribuan data penting, tiba tiba server Hosting rusak atau ditinggal kabur hosting, bagaimana nasib website Anda?

Ada lagi hal penting dalam website bisnis, yaitu Auto Responder. Hampir semua hosting berbayar menyediakan fitur ini.

Memang tidak sedikit juga orang yang sukses berbisnis awalnya dari domain/hosting gratisan, namun  tetap saja akan sangat berbeda unsur magnetis yang ditimbulkan oleh domain/hosting berbayar dibanding gratisan. Walaupun tidak dipungkiri pula unsur unsur lain yang ikut membangun kesuksesan sebagai internet marketer. Mungkin ini hal kecil, namun hal kecil ini akan membantu Anda menghasilkan hal yang besar.

Ingat, website Anda menunjukan identitas Anda.
Apapun bisnisnya Feedback positif dari customer adalah kekuatan dahsyat untuk membangun kepercayaan dalam bisnis. Masih berpikir untuk membangun website bisnis gratisan?
Coba deh kunjungin www.jayvyn-host.com

Ayah Jayvyn

So, what do you think ?