Myjayvyn.com

Pengenalan Web

0  |  308 Views

Apa itu Domain dan Hosting?

Pertanyaan ini mungkin terasa asing bagi orang yang baru belajar membuat website.
Sebenarnya banyak sekali informasi berkenaan dengan Damain maupun Hosting ini di internet. Namun saya akan mencoba membahas dari sisi orang awam.
Apaan tuh ya?
Ibaratkan saja saat kita sedang mencari rumah seorang teman. Si teman ini pernah memberikan alamat di secarik kertas pada pertemuan di sebuah reuni SMA tahun lalu.. dan berbekal informasi dari secarik kertas tersebut berangkatlah kita mencari rumahnya… dan setelah tanya sana sini dan nyasar sana sini akhirnya ketemu juga tuh alamat si teman. Ketika diketuk orangnya.. pintunya keluar.. hahaha dan keluarlah si teman itu menyambut kedatangan kita…naah…seperti itulah analogi domain dan hosting…

Domain

Demikian pula saat kita browsing di internet.. dari cerita diatas bisa diibaratkan kalo Domain adalah sebuah alamat.
Sebetulnya komputer yang terhubung di internet berkomunikasi melalui angka-angka yang disebut IP (internet Protokol. Nah tuh IP apa lagi? hahaha ngga usah diambil pusing deh.. ntar aja cari tahunya. Contoh format angkanya seperti ini 68.180.206.184, 69.63.187.17. Jadi dulu orang kalo mau buka yahoo musti ketik 68.180.206.184 di address ie atau ngetik
69.63.187.17 buat buka facebook. Suatu waktu diinformasikan di sebuah negara jumlah orang gila meningkat tajam karena internet. Usut punya usut mereka gila karena mengingat alamat internet sebanyak itu yang terdiri dari angka angka.. hahaha… maaf cerita bohong… Nyebelinnya dasar bule pinter, kepikiran juga tuh dibikin mudah, yaitu dengan membuat aliasnya dalam bentuk huruf.
Nah huruf huruf inilah yang dinamakan Domain atau kependekan dari DNS (Domain Name System).
Sekarang browsing cuman tinggal ketik alamat domainnya misal www.yahoo.com, www.facebook.com, www.myjayvyn.com.
Makanya ketika akan membuat website itu kita harus menentukan nama domain. Aturan penamaan domain itu ada nanti akan kita bahas di tips selanjutnya, salah satunya nama domain tidak bisa sembarangan karena ada segi hukumnya.

Hosting

Kenapa perlu hosting?
Balik lagi ke cerita sebelumnya.. ketika kita menemukan alamat si teman, namun didapati isi rumah tersebut masih kosong… karena ternyata si teman baru pindahan jadi belum diisi perabotan dan sebagainya.
Begitupula dengan website, setelah kita punya alamat domainnya, maka kita perlu menentukan hostingnya, yaitu sebagai tempat untuk menyimpan file file atau informasi dari website kita.
Lalu dimana kita mencari hosting untuk website kita? Mudah.. sama seperti kita akan menyewa sebuah rumah untuk ditempati. Bertebaran di internet orang menyewakan domain dan hosting dengan harga bervariatif, termasuk saya.. hehehe coba deh kunjungin www.jayvyn-host.com.

Hmmmm… selanjutnya Insya Allah nanti akan kita bahas mengenai aturan penamaan Domain dan tips tips lainnya.

Ayah Jayvyn

So, what do you think ?