Myjayvyn.com

Parked domain, addon domain & subdomain

2  |  388 Views
Advertisement
7 Ibu rumah tangga DAN mantan karyawan
BEKERJA online DARI RUMAH

DAN KINI BERPENGHASILAN 7-20jt per bulan


Yuk cari tahu bisnis mereka
==> Follow My Facebook <==



Apa sih bedanya parked domain, addon domain dan subdomain? Seringkali pertanyaan ini muncul ketika akan membeli sebuah hosting dan domain untuk website kita. Perhatikan contah dibawah ini diambil dari www.jayvyn-host.com.
Disitu terdapat tulisan 10 addon domain dan 10 parked domain, jumlah yang tertera disitu maksudnya adalah batas maksimum domain yang bisa ditambahkan di hosting.
Jumlah tersebut akan berbeda tergantung dari kebijakan si empunya hosting.

Parked Domain

“… Suatu pagi saya membaca liputan dari sebuah surat kabar yang membahas tentang berita kriminalitas. Disitu diberitakan “Dua dari tujuh pelaku pencurian dan pemberatan (curat) yang kerap melakukan aksi di berbagai tempat di Ciendog, Kamis (8/4) dini hari, dibekuk jajaran Reskrim Polres Ciendog pada dua tempat yang berbeda. Dari tangan tersangka, petugas mengamankan barang bukti berupa satu unit lampu senter, hand body, dan ratusan ekor jangkrik, serta satu unit becak. Dua pelaku yang diamankan tersebut adalah To (36) alias Bedog alias Jurik alias Bancet dan Dol (34) alias Ujo alias Kopet alias Burik. Semuanya warga Desa Cingciripit, Kec. Tulang bajing, Kab. Kacapit…”

Perhatikan kalimat To (36) alias Bedog alias Jurik alias Bancet. Inti dari kalimat tersebut adalah Satu orang memiliki empat nama panggilan. Maka ketika kita panggil nama Jurik ataupun Bancet maka akan menunjuk kepada orang yang sama.

Lalu apa hubungannya dengan Parked Domain? Begini…

Misalkan anda membeli 3 nama domain (alamat web). Dengan masing-masing diberi nama rumahunik.com, pernakpernik.com dan rumahku.net. Namun ketiga nama domain tersebut diarahkan pada satu lokasi website yang sama.

Misalkan isi halaman web tersebut adalah tentang memperindah rumah, maka ketika kita panggil www.rumahunik.com maka yang muncul adalah halaman web tentang memperindah rumah, begitu pula jika kita panggil www.pernakpernik.com atau www.rumahku.net maka akan mengarah ke halaman web yang sama tentang memperindah rumah.

Add on Domain

“… Si Ani adalah seorang anak yang baru saja lulus SD. Dia mempunyai kegemaran menulis cerita. Suatu hari Dia membeli sebuah buku tulis kosong di warung Pak Mamat. Sambil melenggang pulang ke rumahnya pikiran si Ani melayang layang, dalam pikirannya dia merencanakan untuk menulis 2 buah cerita dalam buku tulis yang baru saja dibelinya. Singkatnya dia berhasil menyelesaikan tulisannya, tulisan pertama berjudul “Tamasya ke Gunung Bohong” dan yang kedua berjudul “Kucingku Prikitiw”…”

Intinya Ani menulis 2 judul cerita dalam 1 buku. Jika kita analogikan judul cerita sebagai nama domain dan buku sebagai hosting, maka akan menjadi 2 nama domain dalam 1 hosting. Wah… kalo begitu  sama aja dong dengan Parked domain… oohh.. tentu tidak… bedanya kalo Addon domain itu tidak mengarah pada halaman website yang sama. Jadi jika kita punya 2 nama domain, misalkan yang satu www.sport.com isinya tentang olahraga dan yang satu www.music.com isinya tentang musik. Ketika kita panggil www.sport.com akan muncul halaman web tentang olahraga, demikian juga ketika kita panggil www.musik.com otomatis yang muncul adalah halaman web music. Dan semua halaman web tersebut disimpan dalam satu  hosting.

Sub Domain

Nah untuk sub domain penjelasannya singkat saja.. ( Alhamdulillah… hahaha… )

Maksud dari subdomain ini sama dengan Addon domain, cuman bedanya kita ngga perlu beli domain tambahan. Domainnya tetep satu, tapi dibikin sub sub gitu. Lumayankan jadi lebih hemat :D

Misalkan domain utamanya adalah www.gadogado.com, lalu kita bikin 2 halaman web tentang music dan olahraga. Biasanya nanti nama sub domainnya akan seperti ini www.sport.gadogado.com atau www.gadogado.com/sport dan www.music.gadogado.com atau www.gadogado.com/music.

Begitulah kira kira.., kalo penjelasan secara teknisnya sih ntar aja kali ya.. :D.. yang ini juga masih bingung hahaha..

Kalo penjelasannya ternyata salah.. mohon diperbaiki.. teng kyu..

Author: Agie

Semoga bermanfaat :)

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookPinterestGoogle Plus

2 Comments

So, what do you think ?